Cara SEO Yotube Video

SEO YouTube: mengapa Anda membutuhkannya

Jika Anda seorang pembuat YouTube dan ingin konten Anda menonjol dari paket, hal pertama yang perlu Anda lakukan, selain menghasilkan video yang bermanfaat dan menghibur tentu saja, adalah mengoptimalkan video (SEO) Anda dari bawah ke atas. Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan menunjukkan kepada Anda perubahan yang dapat Anda terapkan untuk berkinerja lebih baik di YouTube.

1. Lakukan penelitian kata kunci Anda

Penelitian kata kunci adalah tempat yang tidak rumit untuk memulai. Meneliti kata kunci tidak hanya akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang apa kata dan frasa yang digunakan orang ketika mereka mencari video, tetapi juga akan membantu memastikan video Anda diposisikan untuk berada di depan pemirsa yang tepat. Singkatnya, ini sangat penting.

Dengan menambahkan kata kunci dalam judul, deskripsi, dan tag Anda, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk muncul di hasil pencarian teratas. Untungnya, ada beberapa cara mudah dan mudah yang dapat Anda lakukan tanpa mematahkan punggung Anda (atau bank).

Gunakan saran YouTube
Saran YouTube adalah permintaan yang muncul saat Anda mengetik permintaan pencarian. Misalnya, mengetik “cara memasak” akan mengungkapkan beberapa saran.

contoh saran youtube

Saran-saran ini menunjukkan konten yang diminati orang dan kemungkinan akan dicari. Ketikkan kata kunci target Anda ke bilah pencarian YouTube. Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa topik yang muncul.

Dalam contoh di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana mudahnya membuat beberapa video di masa depan terkait dengan pembersihan jus, jika itu yang Anda inginkan

Gunakan alat penelitian kata kunci YouTube pihak ketiga
Alat penelitian kata kunci YouTube cukup mudah. Jika Anda ingin pembacaan langsung dari data volume pencarian, tidak ada cara yang lebih baik untuk pergi.

Ada opsi gratis dan berbayar yang tersedia. Keywordtool.io sangat berguna. Atau jika Anda menginginkan ekstensi browser, Anda dapat mempertimbangkan opsi seperti VidIQ.

alat penelitian kata kunci youtube
Hasil kata kunci untuk “jus bersih” di keywordtool.io

Tentukan niat pengguna
Dengan menggunakan pendekatan yang tercantum di atas, Anda harus dapat mempersempit niat pencari – komponen penting lainnya untuk setiap dan semua penelitian kata kunci. Tanyakan informasi apa yang dicari pengguna saat mereka mengetik X di bilah pencarian. Apakah mereka mencari tutorial, rekomendasi, atau ulasan produk? Apa yang menarik perhatian pemirsa?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan jenis konten apa yang harus Anda buat untuk memberikan apa yang dicari pengguna. Itu akan berarti semakin banyak penayangan, dan kemudian paparan yang lebih baik dalam hasil pencarian YouTube!

2. Buat video yang akan ditonton pengguna

Sekarang Anda dapat menentukan video dan kata kunci populer, kini Anda siap untuk langkah selanjutnya: membuat konten. Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Kita semua tahu membuat konten bisa menghabiskan waktu. Untungnya, ada cara bagus untuk merampingkan proses pembuatan film, termasuk storyboard.

Baca Juga :   Mari Periksa SEO CHECKLIST Sebelum Optimasi Web

Storyboard video Anda
Storyboarding adalah proses di mana Anda merencanakan dan membuat sketsa aspek terpenting dari video Anda. Itu terlihat seperti komik, yang membuatnya 5 kali lebih menyenangkan. Setiap frame seharusnya menampilkan kira-kira apa yang terjadi, apa yang dikatakan, dan oleh siapa.

Untuk menghasilkan storyboard, Anda harus:

Membuat rencana. Ketahuilah apa tujuannya dan berapa lama video akan dibuat. Setelah itu, cari tahu siapa yang akan ditampilkan dalam video, apa temanya, di mana pengaturannya, dan detail penting lainnya.
Tulis skrip. Pergi dan tulis skrip Anda. Buat itu menarik. Anda dapat membacanya dengan lantang dan mengatur waktu sendiri untuk mengetahui apakah Anda akan melampaui atau di bawah panjang video target Anda.
Transfer skrip Anda ke storyboard. Anda dapat mengunduh templat storyboard secara gratis. Meskipun ada sedikit variasi desain, kebanyakan dari mereka terlihat sama. Papan cerita memiliki kotak tempat Anda bisa menggambar adegan. Tepat di bawah setiap kotak akan ada ruang bagi Anda untuk memasukkan dialog atau catatan adegan.
Berikut adalah contoh storyboard:

contoh storyboard

Sumber
Gunakan metode Agree, Promise, Preview (APP)
Membuat intro yang menarik bisa jadi menantang. Untungnya, metode Aplikasi dapat membantu. Metode APP diperkenalkan oleh Brian Dean, seorang pemasar online. Ini adalah teknik menulis yang memungkinkan Anda membuat pengantar yang paling menarik. Dan ya, itu juga berfungsi untuk video YouTube. APP singkatan Agree, Promise, and Preview.

Berikut ini rincian cara kerjanya:

Setuju. Mulailah dengan ide yang hampir semua orang bisa sepakati. Jika Anda menulis tentang sereal, Anda dapat memulai video Anda dengan mengatakan, “Saya pikir kita semua setuju bahwa sereal itu enak.” Sesuatu seperti itu.
Janji. Selanjutnya, Anda akan menghubungkan mereka dengan frasa yang memperluas ide Anda. Ini melibatkan pengunjung. Kembali ke contoh sereal, Anda bisa mengatakan, “Tapi bagaimana jika saya katakan bahwa ada lebih dari satu cara menikmati santap pagi ini?”.
Pratinjau. Beri tahu pemirsa Anda apa yang akan mereka lihat ketika mereka terus menonton video Anda. “Hari ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara makan sereal lainnya. Tidak ada yang melibatkan memasukkannya ke dalam mangkuk dengan susu. ” akan menjadi contoh pratinjau.
Menggunakan metode APP untuk menghasilkan pengantar video yang akan membuat audiens Anda menginginkan lebih. Meningkatkan retensi audiens dan waktu tontonan Anda adalah kuncinya.

Gunakan keajaiban pengeditan
Mari berterus terang: mengedit dapat membuat atau menghancurkan video. Jika Anda seorang pengamat YouTube yang rajin, maka Anda telah melihatnya berkali-kali. Ada tingkat keterlibatan lain yang terlibat dengan pengeditan, close up, dan melompat memotong. Sungguh, ini merupakan faktor penentu antara video yang bagus dan yang bagus.

Terkadang, pembuat konten amatir membuat kesalahan dengan mengunggah video mereka sebagai hasil jepretan, dan ini bisa menjadi kesalahan besar. Beberapa video cenderung sedikit hambar, terutama jika Anda menggunakan format kepala bicara (tempat Anda duduk di depan kamera dan berbicara langsung kepada audiens).

Baca Juga :   Jasa SEO Mataram Lombok

wawancara autocomplete
Wired menggunakan format head talk dalam Wawancara Autocomplete mereka

Untuk membuat video Anda lebih menarik, cobalah menambahkan teknik pengeditan video seperti menambahkan lompatan atau transisi. Anda juga dapat menambahkan gambar. Selama pembuatan film, tambahkan alat peraga yang dapat berinteraksi dengan talenta

Langkah 3: Optimalisasi pada halaman

Seperti halnya dengan SEO pada halaman, mengoptimalkan beberapa area utama dari posting video YouTube Anda untuk memasukkan kata kunci yang ditargetkan adalah langkah penting. Ambil hasil penelitian kata kunci Anda, dan gabungkan di sini.

Jika perlu, sertakan di tempat-tempat berikut:

Judul video
Deskripsi Video
Tag meta
Namun perlu diingat, bahwa saya tidak memberi tahu Anda untuk hanya memasukkan beberapa kata kunci di sana tanpa berpikir dua kali. Kata kunci harus selalu digunakan secara alami, dan mudah dibaca dengan sisa teks pada halaman. Percaya atau tidak, hanya itu yang perlu Anda khawatirkan tentang pengoptimalan di halaman untuk video YouTube

4. Jadikan video Anda lebih bermanfaat

Di luar konten video dan pengoptimalan di halaman Anda, Anda dapat membuat video Anda lebih bermanfaat bagi pemirsa Anda dengan tips dan trik yang tercantum di bawah ini.

Tautkan ke video terkait di layar akhir Anda
Jika pemirsa menyukai video yang Anda poskan, ada kemungkinan besar mereka ingin melihatnya lebih seperti itu. Membuat CTA di layar akhir dapat membantu. Plus, ini memudahkan pengguna untuk menemukan konten yang serupa, sambil mendorong mereka untuk tetap berada di saluran Anda.

akhir ifutgol video
Contoh layar akhir dari iFutGol

Layar akhir adalah tempat Anda dapat mempromosikan video yang berkinerja baik di saluran Anda. Anda bahkan dapat meletakkan seluruh daftar putar jika Anda mau.

Gunakan kartu YouTube
Kartu YouTube mirip dengan video layar akhir, hanya naik hingga 11. Ini akan menampilkan pratinjau bergerak dari video yang terlampir di akhir video saat ini. Tapi itu sebenarnya bisa melakukan lebih dari sekadar mempromosikan video Anda yang lain.

contoh kartu youtube
Dude Perfect menggunakan kartu YouTube di saluran mereka

Ada beberapa jenis kartu YouTube yang dapat Anda buat:

Video atau daftar putar – tambahkan tautan ke video lain di saluran Anda
Saluran – promosikan saluran (milik Anda atau teman)
Donasi – jika ada nirlaba yang Anda dukung, Anda dapat membuat kartu untuk mereka.
Poll – buat polling untuk pengguna Anda
Tautan – tambahkan tautan ke sumber daya di luar YouTube
Anda dapat mengaktifkan Kartu YouTube dengan masuk ke pengaturan YouTube Video Manager Anda.

Tambahkan teks tertutup
Meskipun YouTube adalah platform yang cukup canggih, tetap membantu jika Anda memberikan teks tertutup. Itu akan memastikan bahwa mesin pencari itu sendiri dapat memahami seluruh konteks setiap video Anda, daripada hanya mengandalkan judul dan deskripsi.

Ini cara mudah dan ramah pengguna untuk membantu meningkatkan tampilan halaman Anda, lalu lintas pencarian, peringkat pencarian, dan keterlibatan. Untuk info lebih lanjut tentang ini, lihat halaman khusus YouTube yang menjelaskan cara menambahkan teks tertutup ke konten Anda.

Baca Juga :   Jasa SEO Banda Aceh

5. Promosikan dan pantau hasil

Jadi, Anda telah melakukan penelitian, membuat konten yang menarik, dan mengoptimalkannya untuk pengguna dan pencarian YouTube. Sekarang saatnya untuk menjadi proaktif tentang menghasilkan paparan dan mengumpulkan beberapa tampilan.

Mungkin perlu waktu sebelum video Anda mendapatkan daya tarik, terutama jika Anda baru memulai. Tetapi ada beberapa cara Anda dapat membantu mempercepat proses ini.

Kustomisasi thumbnail Anda
Sebagian besar YouTuber hari ini membuat thumbnail khusus. Ini adalah investasi cerdas dari waktu Anda, bukan hanya karena Anda akan dapat sepenuhnya mengendalikan penyajian video pra-tonton, tetapi juga karena Anda dapat mulai membuat gaya / merek yang jelas untuk semua konten di saluran Anda.

Komentari video Anda
Jika Anda memiliki komentar yang diaktifkan, Anda harus memastikan untuk terlibat dengan komentator lebih cepat daripada nanti. Ini bagus untuk membangkitkan rasa kebersamaan dan membuat pemirsa kembali ke saluran Anda untuk Anda.

Lakukan Tanya Jawab
Sekali-sekali, mungkin bermanfaat untuk melakukan sesi tanya jawab dengan pelanggan Anda. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk memberi mereka mengintip di balik layar beberapa konten favorit mereka, atau sekadar mengenal pemirsa Anda dengan lebih baik.

Bagikan di media sosial
Ini mungkin berjalan tanpa berkata, tetapi itu ide yang baik untuk berbagi video YouTube Anda di platform media sosial. Ini bagus untuk keterlibatan dan visibilitas tambahan, dan bahkan harus memberi Anda pandangan ekstra.

Gunakan pemasaran email
Jika Anda sudah memiliki daftar email, jangan lupa Anda dapat mempromosikan konten video baru ke pelanggan Anda dalam banyak kasus. Anda bisa melangkah lebih jauh dan menambahkan tautan ke saluran YouTube Anda di tanda tangan email Anda juga.

Kesimpulan

Meskipun penetapan harga SEO untuk situs web bisa menjadi penghalang bagi banyak pengusaha, pembuat konten YouTube untungnya jarang perlu menyewa bantuan dari luar. Seperti yang mungkin Anda kumpulkan dari hal-hal di atas, banyak hal yang menjadi dasar SEO SEO adalah hanya menjadi pintar tentang bagaimana Anda merencanakan, membuat, dan mempromosikan konten video Anda.

Sekarang lebih dari sebelumnya, hasil pencarian diarahkan untuk menyediakan pengguna dengan konten yang paling relevan dan bermanfaat. Itu artinya, optimasi Anda harus dimulai sebelum Anda bahkan menekan catatan. akhirnya sepadan dengan usaha.

Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dan tampil lebih menonjol di hasil pencarian YouTube

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *