Bagaimana Mengukur Kinerja SEO

Mengukur kinerja strategi SEO Anda tidak boleh terbatas pada seberapa baik Anda peringkat pada halaman hasil mesin pencari (SERP). Pemeringkatan pada halaman satu mungkin memberi Anda traffic, tetapi itu tidak berarti orang-orang itu menjelajahi seluruh situs Anda atau bahkan bertanya tentang produk atau layanan Anda.

Sementara peringkat adalah indikator kesuksesan yang sangat penting, perbaikan pada mereka adalah kesalahan umum dalam SEO dan sering kali kita sebut sebagai ‘metrik kesombongan’. Mereka tidak berarti apa-apa tanpa konversi dan penjualan pada akhirnya.

Ada beberapa metrik untuk melacak lalu lintas Anda secara akurat, kualitas arahan yang Anda bawa, dan pada akhirnya, seberapa baik situs Anda mengonversinya menjadi pelanggan yang membeli. Dalam panduan ini saya ingin melihat secara mendalam metrik dalam SEO dan apa yang diukur dan kapan. Saya akan mengakhiri artikel dengan daftar alat canggih yang harus Anda gunakan untuk melacak kinerja situs web.

Metrik untuk Mengukur
Saat melihat metrik mana yang diukur, ini bukan kasus memfokuskan pada satu atau yang lain melainkan memahami konteks di mana membaca seluruh jajarannya. Jadi, sementara lalu lintas organik penting, Anda harus bertanya pada diri sendiri ‘apakah itu jenis lalu lintas yang tepat?’ Demikian pula, sementara konversi pada akhirnya adalah apa yang ingin Anda lihat, Anda juga harus bertanya pada diri sendiri, apakah ini berasal dari lalu lintas organik saya atau apakah itu hasil dari beberapa kegiatan pemasaran lain atau hanya lonjakan permintaan musiman? ‘

Memahami bagaimana data Anda cocok bersama sangat penting dalam membangun indikator kinerja utama (KPI) yang pada akhirnya akan memberi Anda pemeriksaan kesehatan pada kampanye Anda.

Mari kita lihat beberapa metrik penting pada gilirannya sekarang.

1. Lalu lintas organik
Lalu lintas organik Anda berasal dari orang-orang yang menemukan Anda di SERP tetapi tidak dari iklan berbayar. Kecuali jika situs Anda memiliki persaingan yang sangat sedikit, peringkat yang baik di Google berasal dari SEO organik, yang berupaya menciptakan sinyal yang dicari Google untuk menentukan peringkat situs Anda untuk istilah pencarian yang diberikan.

Penting untuk melampaui lalu lintas di seluruh situs dan melihat metrik lain yang dapat memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang kualitas lalu lintas yang Anda hasilkan.

Untuk melacak yang berikut, buka dasbor Google Analytics (GA) Anda dan temukan di bawah tab Audience atau Acquisitions:

Halaman arahan – Melihat lalu lintas halaman arahan akan memberi tahu Anda halaman mana yang berkinerja dan berkinerja buruk, sehingga Anda dapat mengalihkan upaya ke arah mengoptimalkan halaman dengan lalu lintas rendah, mengubah strategi atau hanya berhenti sama sekali untuk fokus pada kemenangan lain yang lebih mudah.
Lokasi – Ini sangat membantu jika Anda ingin mengoptimalkan pencarian lokal, tetapi Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk menemukan lokasi baru yang menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda.
Lalu lintas ke situs Anda dari waktu ke waktu – Lihat sesi total, tampilan halaman, dan pengguna dan bandingkan hasilnya antara dua rentang tanggal yang berbeda, sehingga Anda akan tahu seberapa baik strategi Anda bekerja dari waktu ke waktu.
2. Peringkat Kata Kunci
Untuk memeriksa peringkat kata kunci, Anda dapat menggunakan GA dan bermitra dengan alat pengecekan kata kunci pihak ketiga seperti SEMRush (lihat bagian Essential SEO Toolbox di bawah ini untuk alat yang harus Anda gunakan dalam gudang SEO Anda).

Baca Juga :   Rahasia Sederhana Agar Web Top di Google

Dengan asumsi bahwa Anda sudah menyiapkan Search Console di situs Anda, buka tab Acquisit di Google Analytics dan kemudian navigasikan ke Search Console> Queries. Lacak klik, rata-rata rasio klik-tayang (RKT), dan posisi Anda di SERP.

Setelah Anda tahu kata kunci untuk peringkat situs Anda saat ini, Anda dapat mulai mendapatkan gambar kata kunci konversi tinggi dan membuat lebih banyak konten di sekitar ini, baik itu di halaman blog Anda atau halaman arahan transaksional Anda. Jika Anda belum memberi peringkat untuk kata kunci target Anda, alihkan sumber daya Anda untuk mengoptimalkan kata kunci ini sebagai prioritas

3. Tayangan
Tayangan akan memberi tahu Anda berapa kali situs web Anda muncul di SERPs. Iklan Google dan Pencarian Google menggunakan tayangan.

Untuk Iklan Google, ini merujuk pada seberapa sering iklan Anda ditampilkan di SERP atau Jaringan Google. Untuk Google Penelusuran, Anda dapat melihat berapa kali URL Anda muncul di SERP dan dilihat oleh pengguna (ini tidak termasuk iklan berbayar).

Perhatikan bahwa Google melacak tayangan organik terlepas dari halaman hasil mana yang ditampilkan URL Anda. Ini kemudian dapat memberi Anda data tentang volume kata kunci. Setelah Anda mengetahui kata kunci bervolume tinggi, Anda akan tahu area mana yang harus Anda fokuskan dan tingkatkan.

4. Rasio Klik-tayang
Rumus untuk menghitung rasio klik-tayang (RKT) adalah sebagai berikut:

Jumlah klik yang diterima URL Anda / Tayangan = RKT

Sebagai contoh:

5 klik URL dari SERPs / 100 Impressions = 5% CTR

RKT dapat dengan cepat menyoroti bagaimana peringkat bukanlah tujuan akhir untuk SEO karena tidak jarang peringkat tinggi dengan sangat sedikit klik sama sekali. Peringkat yang baik tidak ada gunanya jika orang-orang bahkan tidak mengunjungi situs Anda, apalagi melakukan bisnis apa pun dengan Anda.

Baca Juga :   Jasa SEO Kendari

Meningkatkan RKPT biasanya bermuara pada dua hal, yaitu relevansi situs web Anda dengan kata kunci yang Anda optimalkan dan kualitas judul dan deskripsi meta Anda, dan terkadang markup Skema Anda. Baik judul dan deskripsi meta akan muncul di SERP jadi jika halaman Anda mendapatkan RKPT tinggi, itu berarti pengguna menemukan judul atau deskripsi meta Anda yang relevan dan cukup menarik untuk diklik. Sementara itu, laman dengan RKT rendah dapat berarti pengguna tidak menganggapnya relevan sehingga Anda perlu mengoptimalkan judul dan deskripsi Anda dengan lebih baik.

Kiat pro: Jika Anda melihat beberapa kata kunci memberi Anda RKPT tinggi, pastikan bahwa halaman tersebut memiliki konten yang menurut pengguna berharga. Kalau tidak, mereka akan meninggalkan halaman Anda. Itu satu hal untuk mendapatkan lalu lintas situs web, tetapi itu tetap membuatnya tetap terlibat.

Meskipun Google Search Console dapat memberikan data ini kepada Anda, Anda juga dapat menggunakan Google Tag Manager untuk membuat piksel untuk situs Anda tanpa mengubah kode Anda, sehingga Anda dapat melacak kapan saja aktivitas tertentu dipicu di situs Anda.

5. Tingkat bouncing
Rasio pentalan mengacu pada jumlah pengunjung yang meninggalkan situs Anda tanpa membuka halaman lain. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menurunkan rasio pentalan Anda, karena itu dapat menunjukkan pengalaman pengguna yang buruk atau konten halaman yang tidak relevan vis a vis niat pengguna.

Namun, rasio pentalan tinggi tidak selalu berarti itu buruk. Jika situs web Anda adalah blog, maka melihat satu halaman itu tidak buruk jika terus bergulir (Anda dapat mengatur pelacakan kedalaman gulir di GA). Tetapi jika beranda Anda berfungsi sebagai gerbang untuk halaman lain — dalam hal situs e-commerce, misalnya — maka Anda perlu meningkatkan rasio pentalan.

Pada dasbor GA, buka Ikhtisar Pemirsa (untuk keseluruhan rasio pentalan situs), Saluran (untuk rasio pentalan pengelompokan saluran), Semua Lalu Lintas (untuk rasio pentalan sumber / menengah), dan Semua Halaman (untuk rasio pentalan halaman individual).

6. Pengguna
Pengguna adalah orang-orang yang berinteraksi dengan situs web Anda. Pada GA (Hadirin> Perilaku), ini dibagi menjadi tiga kategori:

Baru
Kembali
Unik
Pengguna baru dapat memberi tahu Anda seberapa sukses strategi SEO Anda dalam membawa arahan baru ke situs Anda. Sebaliknya, pengguna yang kembali dapat memberi tahu Anda betapa berharganya situs Anda bagi para pengguna baru sehingga mereka benar-benar kembali untuk mengkonsumsi lebih banyak konten Anda.

7. Keluar Halaman
Ini adalah halaman yang terakhir dikunjungi pengguna Anda sebelum meninggalkan situs Anda. Lihatlah halaman keluar Anda, karena ini bisa menjadi tanda bahwa mereka bermasalah dan mungkin mematikan orang. Cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih lama (mis. Arahkan mereka ke halaman terkait lainnya, arahkan mereka ke saluran penjualan Anda, optimalkan CTA kami, dll).

Baca Juga :   Download Proposal Penawaran Jasa SEO

Pada dasbor GA Anda, pergi ke Perilaku> Konten Situs> Halaman Keluar

8. Waktu Muat Halaman
Pikirkan kecepatan situs Anda sebagai kesan pertama yang didapat orang dari bisnis Anda. Jika melambat hingga merangkak, pengguna pasti akan pergi.

Beberapa studi telah menunjukkan dampak negatif dari waktu buka yang lambat di sebuah situs. Google, misalnya, menemukan bahwa 1 dari 2 orang mengharapkan halaman dimuat dalam waktu kurang dari dua detik, sementara 53% pengunjung situs akan meninggalkan halaman Anda jika butuh lebih dari tiga detik untuk memuat.

Jadi pastikan Anda juga mengoptimalkan situs Anda untuk kecepatan (mis. Menghapus konten yang besar, mengurangi permintaan server, meminimalkan gambar, dll.). Terus memantau kinerja situs Anda setelah setiap perubahan dan lihat apakah itu meningkatkan latensi-nya.

9. Kesalahan Perayapan
Agar situs Anda memberi peringkat pada SERP, perayap Google harus dapat melihat kontennya. Jadi, jika situs Anda memiliki kesalahan perayapan (mis. 404 kesalahan, halaman tidak diindeks, dll), Google tidak akan menampilkan halaman ini di SERPs. Cari semua kesalahan ini di Google Search Console.

10. Halaman Per Kunjungan
Ini adalah metrik keterlibatan yang baik untuk dilihat jika Anda ingin pengunjung pergi ke halaman lain (mis. Membeli produk, menanyakan tentang uji coba, dll.).

Jika halaman pendaratan produk Anda, misalnya, juga merupakan salah satu halaman keluar teratas Anda, maka Anda perlu mencari tahu mengapa pengunjung tidak membeli atau mengambil langkah berikutnya. Namun, jika tujuan halaman Anda tidak mengharuskan pengunjung pergi ke halaman lain, maka halaman yang rendah per kunjungan tidak menjadi masalah.

Halaman per kunjungan dihitung dengan membagi jumlah tampilan halaman dengan jumlah pengunjung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *